Insentif Prakerja Gagal Update Jadwal 11,12 September 2020

Insentif Prakerja Gagal Update Jadwal 11,12 September 2020


Pendaftaran prakerja sudah 8 gelombang saat ini, namun ssyangnya ada beberapa kendala atau masalah yang kadang membuat peserta yang sudah lolos deg-degan seperti masalah yang satu ini dimana muncul keterangan Insentif gagal di transfer. 

Munculnya insentif gagal di transfer ini adalah hal biasa dan sudah terjadi dari pengalaman peserta prakerja mulai dari awal gelombang 1.

Yaelah, nyari bantuan kok sesulit ini yah. Ungkap beberapa akun di laman Sosial media. Dengan statement seperti sebenarnya saya sendiri menyadari jika mungkin lebih dari 50% peserta yang mendaftar di prakerja.

Mengharapkan bantuan insentif 600 ribu yang dijanjikan, bukan untuk hal semacam ikut pelatihan dapat sertifikat dan nantinya mereka diterima bekerja di sebuah perusahaan. 


Karena fakta nya sendiri banyak kok dari mereka yang udah dapat sertifikat tapi masih saja menjadi pengangguran.

Nah, kali ini admin akan membagikan beberapa pengalaman yang admin dapatkan tentang penyebab dan solusi bagi yang Insentif Pertama atau Keduanya gagal. 

Penyebab dan Solusi Insentif Prakerja Gagal


Bagi yang mendapatkan keterangan Insentif Prakerja gagal kalian wajib baca informasi Berikut ini, agar nantinya anda bisa mencari tahu sendiri kira-kira Penyebabnya apa yah. 

Dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa bisa insentif tersebut gagal cair. 
Pertama, Penyebab insentif gagal adalah karena anda belum melakukan upgrade E Wallet (OVO, LinkAja, dan Gopay) dan jika memang anda sudah melakukan upgrade pastikan data yang diinput di e wallet sama dengan yang ada di Prakerja. 

Kedua, Belum memberi rating di Lembaga Pelatihan. Jika anda sudah menyelesaikan pelatihan pastikan juga jika anda sudah menberi rating. Jika anda menggunakan platform Tokopedia misalnya maka rating yang diberikan adalah sebanyak dua kali. 

Ketiga, Insentif Gagal karena sistem. Sebenarnya hal ini sudah terjadi pada peserta gelombang lalu dimana untuk pencairannya keterangan yang di dashboard gagal tapi setelah beberapa menit atau jam kemudian insentif ternyata sudah cair.

Keempat, Rekening atau E Wallet atas nama orang lain. Jika ini benar maka sesegera mungkin silahkan ganti e wallet tersebut.


Kelima, Mengganti metode pencairan dana insentif tepat 2-7 hari sebelum jadwal insentif. Jangan mengubah apapun di e wallet anda jika dalam dua atau tujuh hari setelah e wallet akaj diproses.

Keenam, tidak mengikuti prosedur tahapan pelatihan dan prakerja dengan benar. 

Beberapa masalah diatas adalah pengalaman dari peserta prakerja yang telah lulus di gelombang sebelumnya dimana setelah mengetahuinya mereka mencoba melakukan perubahan terhadap akun tersebut.

Insentif Prakerja Gagal, Jadwal 10 11 12 September 2020

Ramai diperbincangkan tentang insentif Prakerja yang gagal masal dimana tidak satu dua atau puluhan orang yang mengeluh insentifnya tidak cair.

Tapi ratusan dan beberapa dari mereka sudah memastikan jika akun mereka tidak termasuk Kriteria atau Penyebab gagal transfer insentif diatas.

Dan dari yang saya amati peserta yang insentifnya gagal adalah sebagian besar peserta yang menggunakan e wallet sebagai metode pembayarannya dan ada beberapa peserta lain yang menggunakan metode pembayaran melalui rekening tapi tidak sebanyak itu. 

Dugaan saya saat ini adalah kemungkinan ada proses penundaan untuk insentif Prakerja yang menggunakan e wallet mungkin untuk proses validasi data dan Sebagainya atau karena kesalahan sistem prakerja sendiri. 


Untuk informasi jelasnya tentang banyaknya insentif gagal untuk semua peserta prakerja khususnya bagi peserta yang jadwal insentifnya bulan September. Informasinya masih dalam tahap Konfirmasi kepada CS Prakerja.

Update, Insentif Prakerja Gagal 12 September 2020, Ini Penjelasan Admin CS Prakerja 

Jika nanti ada perkembangan akan di Umumkan melalui artikel ini.

Lantas, Solusi Apa Yang Bisa Admin Berikan? 

Untuk Solusinya tentang permasalahan insentif gagal ini mungkin anda bisa mengirim email bantuan ke alamat info@prakerja.go.id karena semakin banyak keluhan kemungkinan besar proses perbaikan sistem jika memang ini karena sistem yang bermasalah akan segera di selesaikan. 

Untuk contoh template pesannya sendiri, silahkan lihat dibawah ini. 

Nama Lengkap:
NIK:
Nomor Kartu Prakerja:
Provinsi:
Nomor telepon:

Dengan ini saya sebagai peserta prakerja ingin melaporkan bahwa insentif prakerja gagal terkirim ke rekening e-wallet………… /Rekening yang saya gunakan. 

Sebelumnya saya sudah memastikan jika NIK e-wallet serta NIK akun prakerja sudah sama. E-wallet juga sudah upgrade/full service.

Dan untuk pelatihan sendiri telah saya selesaikan sesuai dengan tahapan pada umumnya dan juga telah memberi penilaian dan juga rating terhadap lembaga pelatihan tersebut. 

Seharusnya insentif masuk sesuai jadwal pada tanggal ………….. namun dalam dashboard prakerja tertulis gagal terkirim.

Mohon perhatian manajemen prakerja untuk menindaklanjuti dan mencairkan insentif saya secepatnya.

Terlampir bukti screenshoot/foto insentif prakerja gagal dalam akun dashboard prakerja.

Terima kasih.

Selanjutnya jangan lupa untuk melampirkan foto bukti Screen Shot Insentif prakerja yang gagal. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Penyebab dan Solusi Insentif Prakerja yang Gagal di transfer, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.