Kenapa Kode Voucher Pelatihan Bukalapak dan Tokopedia Tidak Bisa Digunakan? Berikut Ulasannya


Pendaftaran kartu prakerja sudah ditutup dan tahap Selanjutnya akan ada proses seleksi dari data-data yang sudah masuk ke sistem. Jika anda lolos maka anda bisa melihat Nomor kartu dan saldo pelatihan prakerja sedang di proses.

Apa itu Saldo Pelatihan? Saldo pelatihan disini difungsikan sebagai alat pembayaran non tunai yang bisa anda gunakan untuk membeli beberapa pelatihan di mitra yang telah bekerjasama dengan prakerja.

Mengikuti Pelatihan Hukumnya wajib loh sobat, karena jika dalam periode waktu 30 hari sejak Nomor kartu prakerja keluar belum juga melakukan pembelian maka akun prakerja tersebut akan dicabut.

Namun lagi-lagi ada kendala terkait pelatihan yang sudah dibeli, dimana beberapa akun yang telah membeli Kursus di lembaga pelatihan tersebut kadang tidak mendapatkan History pembelian dan kode voucher atau meski telah mendapatkan kode voucher tersebut ternyata setelah dipakai kode voucher tidak bisa dipakai atau digunakan dengan beberapa keterangan.


Untuk mengatasi hal ini berikut saya berikan beberapa solusi terkait masalah pembelian dan kode voucher pelatihan yang tidak bisa digunakan. 

Cara Membeli Pelatihan di Tokopedia dan Bukalapak dan Cara Mengatasi Masalah Terkait Pembelian

Apabila anda membeli pelatihan melalui mitra Tokopedia atau Bukalapak maka anda wajib mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini agar tidak terjadi kesalahan nantinya. 
  • Silahkan buka aplikasi Bukalapak atau Tokopedia. 
  • Selanjutnya klik daftar pastikan anda memasukkan identitas yang valid dan sama dengan yang terdaftar di prakerja terutama nomor Telepon dan email. 
  • Klik pada kolom pencarian ketik "Kartu Prakerja" maka anda akan melihat beberapa kelas pelatihan dengan label prakerja yang bisa anda beli.
  • Lakukan transaksi seperti biasa dan untuk metode pembayaran pilih kartu prakerja dan Masukkan nomor kartu prakerja yang bisa dilihat di akun atau dashboard prakerja anda. 
  • Setelah itu silahkan Konfirmasi pembelian dengan kode otp yang dikirim dari pihak mitra pelatihan tersebut.
  • Terakhir, silahkan klik beli untuk kelas tersebut dan tunggu sampai ada keterangan pembelian sudah berhasil.
  • Selesai.

Selanjutnya untuk Mengikuti pelatihan tersebut anda bisa melakukan pengecekan Kode voucher di halaman history dan pembelian atau cek melalui email pembelian yang diterima.


Transaksi sudah berhasil tapi saya "Tidak Mendapatkan Kode Voucher Pembelian Pelatihan" silahkan cek terlebih dahulu pada folder spam, promosi atau sosial di email tersebut.

Jika dipastikan tidak ada maka ada kemungkinan sistem sedang mengalami masalah terutama pada saat anda melakukan pembelian atau bisa jadi itu kesalahan anda sendiri, dimana saat proses pembelian berlangsung anda tidak sabaran dan memutuskan untuk keluar sebelum muncul notif pembelian berhasil.

Bagaimana Solusinya? Jika ini terjadi anda bisa melaporkannya melalui opsi bantuan atau Call Center Tokopedia atau Bukalapak dan meminta informasi pembelian yang bermasalah itu.

Saya sudah mendapatkan Kode Voucher tapi pada saat pembelian ternyata "Kode Voucher Pelatihan tidak bisa digunakan" beberapa masalah lainnya seperti kelas tidak ditemukan juga kerap dialami peserta lainnya.

Untuk itu terlebih dahulu pastikan kode voucher yang kamu beli tidak dalam masa tenggang jika sudah anda bisa melakukan redeem kode keesokan harinya jika masih juga terkendala anda bisa melaporkan perihal ini ke pihak lembaga pelatihan dengan menunjukkan Invoice pembelian dan informasi tempat anda membeli pelatihan. 

Kode Vouchernya berhasil digunakan min, tapi pas aku cek di lembaga tersebut tidak ada kelas yang sudah saya beli? Sebelum itu pastikan Anda login di akun yang benar pada saat anda melakukan redeem kode voucher lalu pilih opsi kelas dan jika kelas belum muncul silahkan tunggu 12 jam dan lakukan pengecekan lagi.

Jika kelas yang Ditunggu masih belum muncul juga silahkan Lapor ke pihak lembaga terkait melalui email atau CS yang ada. Khusus untuk pembelian kelas di Skill academy anda bisa menggunakan form penanganan kendala prakerja yang  disediakan oleh pihak lembaga terkait.

Linknya ada dibawah ini, 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Kenapa Kode Voucher Pelatihan Bukalapak dan Tokopedia Tidak Bisa Digunakan? Lengkap dengan caranya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.