Untuk Mencairkan Insentif Kedua, Apakah Harus Ikut Pelatihan Lagi?

Untuk Mencairkan Insentif Kedua, Apakah Harus Ikut Pelatihan Lagi?


Pendaftaran prakerja kembali dibuka sejak Agustus lalu, dimana tercatat sudah 6 gelombang yang direalisasi. Rencananya kuota untuk peserta prakerja di tahun 2020 di targetkan mencapai 5,6 Juta yang akan dibagi untuk setiap tahapnya.

Bagi pendaftaran gelombang 1, 2 dan 3 mereka mendapatkan kuota peserta masing-masing 200 Ribu peserta saja dan untuk gelombang 4 dan seterusnya mereka mendapatkan kuota 800 Ribu.

Setelah ditetapkan menjadi peserta prakerja maka nantinya anda akan mendapatkan insentif namun sebelum itu mereka juga harus menyelesaikan pelatihan terlebih dahulu. 

Namun, yang jadi pertanyaan sekarang adalah setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat yang sudah muncul di dashboard prakerja dimana setelah beberapa minggu kemudian saya mendapatkan insentif dana pertama saya untuk pertama kalinya. 


Untuk Mencairkan Insentif Selanjutnya yakni meliputi insentif tahap 2, 3 dan 4 Apakah saya harus Mengikuti Pelatihan lagi dan menyelesaikannya?

Informarsi yang anda cari bisa kalian temukan di artikel ini, silahkan baca ulasan dibawah ini. 

Untuk Mencairkan Insentif Selanjutnya, Haruskan Saya Mengikuti Pelatihan Lagi?

Tentu tidak, salah satu syarat Mencairkan dana insentif prakerja adalah minimal ada satu pelatihan yang sudah selesai dan mendapatkan sertifikat dimana sertifikat telah muncul di dashboard kartu prakerja melalui opsi profile.

Selanjutnya untuk proses insentif sendiri akan cair beberapa minggu/hari setelahnya, dimana anda bisa melihat jadwalnya melalui opsi Insentif.


Setelah dana insentif pertama cair, maka untuk insentif Selanjutnya tinggal menunggu jadwalnya saja, artinya anda tidak harus menyelesaikan pelatihan lagi.

Lantas, Untuk Apa Sisa Salo Pelatihan Yang Belum Digunakan?

Untuk Sisa saldo pelatihan di prakerja, anda bisa menggunakannya untuk membeli pelatihan lagi. Itung-itung nambah ilmu dan mengisi waktu senggang.

Dengan syarat pelatihan sebelumnya sudah selesai dan telah sinkron dengan dashboard kartu prakerja. 

Apakah Saldo Tersebut Bisa Dicairkan?
Mengutip dari halaman FAQ Prakerja, disana sudah dijelaskan jika saldo pelatihan tidak bisa dicairkan atau ditunaikan. 

Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan di beberapa mitra yang sudah bergabung mensukseskan program kartu prakerja. 


Jadi, sudah jelas yah jika saldo itu tidak bisa digunakan untuk hal lain kecuali untuk pembelian pelatihan. 

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan gunakan kolom komentar dan sebisa mungkin akan dibantu untuk Menjawab. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai tahapan insentif dana kartu prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.