Verval Ponsel Peserta Didik, Ini Cara Login dan Validasinya

Verval Ponsel Peserta Didik, Ini Cara Login dan Validasinya


Verval Ponsel Peserta Didik - Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pusat data dan informasi telah menerbitkan Surat Edaran tentang pemberitahuan tentang verifikasi dan juga validasi nomor Telepon peserta didik yang tercatat dalam surat Nomor 4239/J1/KP/2020 pada 1 september lalu.

Dimana di jelaskan disana, agar anda sebagai petugas operator segera melakukan tugasnya yakni melakui verifikasi dan validasi data Nomor Telepon sebagai bentuk memaksimalkan program bantuan kuota internet untuk peserta didik.


Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan data yang terinput berupa Nomor Telepon Calon Penerima bantuan kuota dari Pemerintah memang benar adanya dan tidak di salah gunakan.

Untuk itu melalui Pusat data dan informasi (PUSDATIN) mengeluarkan perintah agar petugas segera melakukan verifikasi Nomor Telepon melalui Halaman dibawah ini https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/dashboard.

Adapun untuk melakukan validasi tersebut, anda bisa mengikuti panduannya dibawah ini. 

Cara Verval Ponsel Peserta Didik

Untuk melakukan validasi dan verifikasi (Verval) Ponsel Peserta didik anda harus harus memiliki akun yang terdaftar di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ Selanjutnya silakan login ke halaman Verval Ponsel.


Untuk batasnya validasinya sendiri, anda diberikan batas waktu hingga 15 September 2020, dan untuk langkah-langkahnya silakan simak dengan benar tutorial dibawah ini. 

Langkah 1, Silahkan akses halaman Verval Ponsel melalui link dibawah ini https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Selanjutnya silahkan login dengan akun yang telah Terdaftar di website sdm. Data. Kemendikbud.go.id. 

Langkah 2, Apabila halaman tidak bisa dimuat, klik refresh hingga website termuat atau anda juga bisa mengulangi langkahnya dari awal mulai dari clear cache dan buka chrome sampai halaman bisa dibuka. 

Ketiga, Di website tersebut nantinya anda akan melihat Nama - nama peserta didik calon Penerima Kuota dimana jika keterangannya berhasil maka anda tidak perlu lagi melakukan perubahan.

Dan untuk yang tidak berhasil akan muncul notif icon edit seperti dibawah ini, silahkan anda klik lalu cek informasi yang ada disana jika ada kesalahan ubah dan simpan.

Keempat, jika terjadi error maka kemungkinan besar siswa tersebut Terdaftar sebagai Penerima bantuan PKH dan PLH dimana salah satu ketentuan Penerima bantuan kuota adalah mereka yang tidak Terdaftar di dua program diatas.

Kelima, cek dan pastikan semua data siswa khususnya yang muncul icon edit tersebut sudah benar. 

Terakhir, silahkan klik opsi SPTJM dan Untuk membuat Surat Tanggung Jawab Mutlak yang nantinya harus di tandatangani Kepala Sekolah diatas Matrai 6000.

, Selesai 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara Verval Ponsel Peserta Didik, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.