Beredar Link Prakerja Vip Apakah Benar? Daftar Prakerja.vip

Direct message pesan whatsapp tentang daftar prakerja.vip viral, apakah ini benar atau penipuan? Berikut Penjelasan tentang Prakerja Vip.

Di tengah rasa penasaran dan menunggu kapan Rilis jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 11 muncul beberapa isu Mengenai Situs pendaftaran prakerja VIP. Tak hanya melalui Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram saja.
Bahkan beberapa orang yang mendapatkan pesan melalui direct message di Platform Perpesanan Online seperti Whatsapp dan Telegram yang merupakan dua aplikasi yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Paling banyak adalah dari Direct pesan whatsapp kira-kira pesannya seperti ini, 
"Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya

yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja
  1. Kunjungi situs https://prakerja.vip
  2. Isi formulir data diri
  3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
  4. Bantuan akan dikirim melalui rekening bank
  5. harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan
  6. https://prakerja.vip
Menanggapi hal yang tengah viral ini saya pun tertarik untuk membagikan informasi mengenai masalah isu diatas, dimana sudah  jelas untuk pendaftaran prakerja hanya melalui website resminya yaitu https://dashboard.prakerja.go.id

Prakerja VIP Apakah Benar atau Hanya Penipuan?

Mendapati topik yang sedang viral di tengah masyarakat terutama para Pendaftar prakerja, melalui penelusuran javasiana.com situs yang anda kira sebagai situs pendaftaran vip prakerja di halaman prakerja.vip ini adalah sebuah link yang mengarah ke situs penuh Malware berbahaya.

Dimana data yang anda masukkan diatas mungkin akan bocor ke beberapa orang yang berniat jahat kepada anda. Hal ini juga telah terjadi kepada beberapa orang yang menerima Pesan prakerja vip Berikut ini.

Dimana setelah Mengikuti beberapa langkah-langkah mulai dari memasukkan nomor Telepon, membagikan pesan ini ke 20 Kontak whatsapp lainnya ia masih belum menemukan form registrasi untuk pendaftaran prakerja sendiri.

Hal yang jangan ini ia pun menyimpan kecurigaan terhadap Situs yang ia tuju dan pada akhirnya ia pun berkonsultasi dengan saudaranya dimana setelah mendapatkan penjelasan ternyata situs tersebut adalah situs Penipuan yang memanfaatkan keadaan seseorang yang sedang membutuhkan bantuan.

Seperti program prakerja ini, agar tergiur dan akhirnya terjebak dan memberikan identitas yang seharusnya digunakan untuk mendaftar Prakerja malah akan di salah gunakan oleh beberapa orang yang tidak beetanggung jawab.

Jadi, sudah jelas jika pendaftaran prakerja sendiri hanya dilakukan melalui situs resminya yaitu prakerja.go.id dan jangan pernah lagi Tertipu dengan modus Penipuan yang sama.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 11 Yang Benar

Bagi anda yang masih menunggu tanggal rilis prakerja gelombang 11, apa salahnya jika mencoba mendaftarkan akun anda terlebih dahulu ke Website prakerja.go.id.


Berikut adalah langkah-langkahnya Lengkap dan jangan sampai Tertipu dengan link yang salah.
  • Buka website prakerja.go.id
  • Selanjutnya klik daftar
  • Masukkan username Alamat email dan password lalu klik kirim verifikasi.
  • Buka Aplikasi gmail dan klik tombol verifikasi.
  • Selanjutnya silahkan login ke akun anda di dashboard prakerja.
  • Ikuti beberapa petunjuk lainnya mulai dari proses verifikasi KTP, Nomor Telepon dan Pengisian identitas lainnya beserta upload foto KTP.
  • Jika sudah silahkan isi beberapa Pernyataan yang muncul dan ikuti tes motivasinya.
  • Terakhir klik gabung untuk gelombang yang sudah ada.
Perlu kamu pahami sekali lagi jika proses pendaftaran prakerja tidak ada yang praktis, semua data yang masuk akan diproses dan melalui proses seleksi yang adil dan sesuai dengan apa yang Pemerintah harapkan.

Lantas, Apa Yang Harus anda Lakukan Jika Menemukan Website Penipuan tersebut?

Jika sewaktu-waktu anda menemukan kejadian ini kembali terjadi dan viral sehingga membuat beberapa orang mungkin salah paham dengannya maka yang harus anda lakukan pertamakali adalah tidak membagikannya ke beberapa orang baik melalui direct pesan maupun postingan di Media Sosial.

Kedua ingatkan beberapa orang yang mungkin terjebak dan membagikan konten negatif ini agar tidak lagi menshare link tersebut yang membuat beberapa orang salah paham.

 
Terakhir sebagai Langkah pamungkas anda bisa melaporkan hal ini ke pihak Manajemen terkait contoh prakerja atau Langsung melaporkan situs ini ke web Pemerintah atau Google agar segera di takedowm.

Bagaimana Cara Melaporkan Website Penipuan?

Ada beberapa situs yang bisa anda kunjungi untuk membuat Laporan perilaku negatif dari situs tersebut. Pertama anda bisa mengunjungi halaman lapor.go.id

Jika Anda menemukan konten yang Anda anggap ilegal seperti video atau foto pelecehan anak atau materi dewasa, kejahatan dan penipuan, Anda dapat melaporkannya ke Layanan Apirasi dan Pengaduan Online Rakyat (lapor.go.id)

Selain itu anda juga bisa mengirim aduan konten kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mengunjungi situs resminya di trustpositif.kominfo.go.id.

Cara lainnya Anda dapat melaporkan web penipuan langsung kepada website Google melalui alamat agar situs website tersebut segera di takedown dengan sesegera mungkin https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_phish/?hl=id.


Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang link prakerja.vip melalui direct message yang telah tersebar di banyak nomor dan akun prakerja. Dan dari informasi diatas sudah jelas jika ini penipuan dan tindakan kriminal yang menyebabkan anda kehilangan privasi untuk data diri anda.

Oleh karena itu saya harap dengan hadirnya artikel ini dapat membantu anda meneliti lebih lanjut sebelum melakukan tindakan yang mungkin akan merugikan anda di masa depan.