Cara Mengatasi E Wallet Belum KYC dan Insentif Tertahan di Prakerja


Beberapa hari ini mungkin anda menerima keterangan E Wallet Belum KYC di dashboard prakerja anda. Dimana pada saat di Cek Status Insentif Prakerja anda pada saat itu juga tertahan sebagian juga melihat Keterangan Status Gagal.

Untuk itu melalui artikel ini admin akan menjelaskan sedikit kepada anda terkait Status Insentif Prakerja yang Gagal dan kenapa Muncul Keterangan E Wallet Belum KYC.
Sebelum itu pastikan terlebih dahulu jika anda telah menyambungkan E Wallet ataupun Rekening BNI di Opsi Dashboard Insentif Prakerja. Selanjutnya untuk informasi terkait apa maksud E-Wallet Belum KYC akan dijelaskan dibawah ini.

E Wallet Belum KYC Apa Maksudnya?


Melihat beberapa pertanyaan seperti ini yang di ajukan oleh sebagian peserta prakerja membuat saya berkeinginan menerbitkan sebuah artikel yang seharusnya bisa menjawab pertanyaan ini.


Untuk Menjawab pertanyaan ini, kemudian saya akan mengutip apa yang telah di tulis di halaman Faq Kartu Prakerja dimana untuk isinya sendiri bisa kalian lihat dibawah ini.
Apa Yang Membuat Insentif Prakerja Saya Gagal?
Jawab: Insentif kamu bisa gagal dicairkan apabila:
  • Belum mengisi ulasan pada Lembaga Pelatihan
  • Belum memberikan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan
  • Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif
  • Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)
  • Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.
Dengan menyoroti bagian KYC bercetak tebal diatas seharusnya anda sudah mengerti jika maksud E-Wallet Belum KYC (Know Your Customer) adalah kejadian dimana akun e wallet yang tersambung tersebut belum di Verifikasi dalam hal ini belum melewati proses Upgrade ke Versi yang lebih tinggi.

Umumnya untuk melakukan proses upgrade di E Wallet anda membutuhkan beberapa dokumen seperti KTP atau Paspor dan untuk memverifikasinya juga nanti anda diminta untuk melakukan validasi dengan cara mengambil Foto Selfie (Swa Foto).

Kenapa Status Insentif Tertahan Keterangan Belum KYC

Sebelum mengeluhkan suatu hal alangkah baiknya jika anda memeriksa apa sih kesalahan yang saya lakukan sehingga anda bisa memperoleh setidaknya solusi untuk mengatasi hal ini.


Salah satu yang sering di tanyakan mereka adalah, hi kak saya sudah verifikasi e wallet dan udah full premier tapi kok insentif saya gagal keterangan Belum KYC? Menjawab hal ini admin akan Berikan beberapa alasannya.
  • Anda menyambungkan rekening tepat setelah jadwal Insentif Prakerja Muncul atau mendekati pencairan.
  • E Wallet Ter-Blokir tanpa anda sadari.
  • Nomor yang digunakan sudah tidak aktif.
  • Atau data anda tidak sesuai dengan data yang ada di Manajemen Kartu Prakerja.
  • Mengganti Rekening/E-Wallet padahal sudah mendekati tahap pencairannya.
Beberapa penyebab Umum diatas adalah hal-hal yang membuat Insentif Prakerja tertahan atau bahkan gagal dengan keterangan Belum KYC. Untuk mangatainya silahkan baca tulisan dibawah ini.

Cara Mangatasi Insentif Prakerja Tertahan E Wallet Belum KYC

Apabila hal ini terjadi kepada anda dimana muncul keterangan Insentif Prakerja Gagal dan Keterangan lain E Wallet Belum KYC. Maka ikuti saja beberapa tips dibawah ini.
  • Pastikan akun anda sudah full service atau sudah terupgrade yah.
  • Jika sudah coba lakukan pengecekan identitas dan Nomor E wallet (Karena Harus sama) jika sudah yakin, skip saja.
  • Coba baca Penyebab Insentif gagal dan KYC diatas. Dimana beberapa pointnya mungkin akan membantu mengatasi masalah anda.
  • Terakhir silahkah Kontak CS Prakerja melalui Email info@prakerja.go.id dengan contoh template seperti dibawah ini.

Nama Lengkap:
NIK:
Nomor Kartu Prakerja:
Provinsi:
Nomor telepon:

Dengan ini saya sebagai peserta prakerja ingin melaporkan bahwa insentif prakerja gagal terkirim/tertahan dengan keterangan E Wallet Belum KYC ke e-wallet………… /Rekening yang saya gunakan. 

Sebelumnya saya sudah memastikan jika NIK e-wallet serta NIK akun prakerja sudah sama. E-wallet juga sudah upgrade/full service.

Dan untuk pelatihan sendiri telah saya selesaikan sesuai dengan tahapan pada umumnya dan juga telah memberi penilaian dan juga rating terhadap lembaga pelatihan tersebut. 

Seharusnya insentif masuk sesuai jadwal pada tanggal ………….. namun dalam dashboard prakerja tertulis gagal terkirim.

Mohon perhatian manajemen prakerja untuk menindaklanjuti dan mencairkan insentif saya secepatnya.

Terlampir bukti screenshoot/foto insentif prakerja gagal dalam akun dashboard prakerja.

Terima kasih.

Pakai BNI Taplus Prakerja tapi Kok Insentif Prakerja Gagal Status E Wallet KYC

Hal yang sama juga bisa terjadi kepada peserta prakerja yang menggunakan metode pembayaran Rekening BNI, dan untuk Penyebab dan Solusinya tidak jauh berbeda dengan peserta yang menggunakan E-Wallet.


Pastikan saja Identitas yang ada di Rekening sama dengan yang ada di data Manajemen Prakerja termasuk Nomor Telepon anda. Selanjutnya jika hal ini masih berlanjut anda juga bisa mengirimkan e mail ke alamat prakerja agar segera dilakukan validasi lagi oleh sistem.

Apakah Status Insentif Prakerja Tertahan atau E Wallet Belum KYC Dananya masih bisa Cair?

Bisa asalkan data dan persyaratannya sudah di lengkapi maka dalam beberapa hari pihak Manajemen Prakerja akan melakukan pengecekan ulang, untuk mempercepat anda bisa menghubungi Pihak Manajemennya lansung.

Selanjutnya akan dilakukan proses penjadwalan ulang untuk insentif prakerja yang tertahan atau bahkan tertahan itu.

Berapa Lama Proses Pencairan Dana Insentif Yang E Wallet Belum KYC Akan Cair?

Untuk waktu atau berapa lama proses yang dibutuhkan untuk melakukan penjadwalan ini berlangsung hanya Pihak Manajemen saja yang Tahu karena terkadang juga disesuaikan dengan permintaan Penjadwalan Insentif yang banyak dan keterbatasan sistem.

Namun jika anda berusaha lebih keras seperti mengirim e mail atau bahkan menelpon langsung pihak Manajemen Prakerjanya saya yakin prosesnya akan lebih cepat.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Bagaimana cara mengatasi E Wallet Belum KYC di Prakerja dan Status Insentif Prakerja yang tertahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.