Cara Menggunakan CS Bot di Prakerja Lengkap

Fitur Baru di dashboard prakerja yakni tombol minta bantuan atau yang sering di sebut CS Bot oleh peserta prakerja. Berikut adalah Penjelasannya.

Baru-baru ini anda mungkin melihat beberapa perubahan untuk tampilan di dashboard kartu prakerja anda. Beberapa diantaranya adalah munculnya Fitur Live Chat atau Fitur Minta Bantuan yang ada di Pojok Kanan Bawah.

Fitur Minta Bantuan atau yang sering disebut sebagai CS Bot Prakerja ini, merupakan fitur yang memang saat ini sangat dibutuhkan oleh peserta prakerja.

Banyaknya masalah terkait tahapan pendaftaran, Insentif pelatihan yang tak kunjung cair atau muncul, pelatihan yang terkendala bisa anda selesaikan dengan menggunakan fitur ini.

Karena tak hanya CS Bot Prakerja saja yang tersedia disini, dengan menggunakan fitur ini pula anda bisa menghubungi pihak CS Prakerja tanpa harus melalui Nomor Telepon atau Emailnya langsung.
Untuk lebih jelasnya tentang Fitur baru ini di Prakerja, dibawah ini adalah ulasannya hanya untuk anda.

Apa Itu Fitur CS Bot (Minta Bantuan) Prakerja?

CS Bot Prakerja adalah sebuah fitur bantuan Online yang bisa anda gunakan untuk memperoleh beberapa informasi terkait prakerja. Sistemnya hampir sama dengan Fitur Bot di beberapa Aplikasi Messenger seperti Whatsapp atau Telegram.

Baca juga: Status Insentif Prakerja Dijadwalkan, Ini Penjelasannya

Dan akan tersedia beberapa pertanyaan dan jawaban otomatis, dimana yang menjawabnya adalah Bot atau sebuah Program Komputer yang telah di program sedemikian rupa agar dapat membantu para peserta menemukan apa yang mereka cari disini.

Tak hanya Bot Saja, apabila anda memiliki beberapa masalah yang tidak bisa di pecahkan hanya dengan menggunakan percakapan Bot saja. Anda juga bisa Menghubungi pihak CS Prakerja langsung tanpa harus melalui email atau Nomor CS Yang tersedia.

Jadi, dengan adanya fitur ini sangat membantu peserta yang ingin mendapatkan informasi lebih Lengkap tentang program kartu prakerja.

Fitur-Fitur CS Bot di Prakerja

Dengan menggunakan fitur cs bot prakerja atau juga fitur minta bantuan, anda akan menemukan Beberapa tombol yang bisa anda gunakan untuk menggali beberapa informasi penting yang mungkin belum anda ketahui dari program ini.

Baca juga: Cara Mengatasi E Wallet Belum KYC di dashboard prakerja

Berikut dibawah ini adalah beberapa fitur yang saya maksud disini.
  • Infomarsi Umum
  • Pertanyaan dan 
  • Kontak CS

Dari ketiga fitur/menu diatas anda bisa memilih salah satu yang anda anggap sesuai dengan masalah yang anda alami. Nah Selanjutnya untuk informasi terkait beberapa menu diatas silahkan lanjut dengan membaca tulisan dibawah ini.

Infomarsi Umum

Di menu ini nantinya anda akan menemukan Beberapa tombol yang nantinya akan memberikan anda informasi terkait Program kartu prakerja, Pendaftaran akun, Pendaftaran kartu, Masa kadaluarsa saldo, Insentif pelatihan dan survei. 

Pertanyaan

Sama halnya dengan menu Informasi Umum diatas, anda juga akan menemukan Beberapa tombol dan jawaban otomatis yang sudah di program. Bedanya adalah untuk informasi di menu ini lebih ke Pertanyaan dan Pemecahan masalah terkait Prakerja yang paling banyak di tanyakan.

Beberapa diantaranya adalah pertanyaan terkait. 
  • Cara mengubah nomor HP, Menyambung rekening/e-wallet, 
  • Memutus rekening/e-wallet, 
  • Mengetahui lolos atau tidak lolos, Pengecekan sertifikat, 
  • Cara mengubah nomor HP, Menyambung rekening/e-wallet, 
  • Memutus rekening/e-walletMengetahui lolos atau tidak lolos
  • Pengecekan sertifikat

Kontak CS

Menu Terakhir yang bisa anda temukan di Fitur ini adalah Kontak CS, dimana Apabila masalah yang anda hadapi belum terselesaikan dengan dua menu diatas maka anda bisa menggunakan Menu CS untuk terhubung langsung dengan pihak Manajemen Prakerja. Disini yang akan menjawab pertanyaan anda bukan lagi sebuah Program Bot.

Bug Fitur Minta Bantuan

Beberapa kali saya mencoba menggunakan Fitur ini, dan setidaknya ada dua Bug yang saya temukan disini entah apakah anamda juga merasakan hal yang sama dengan saya. Yang jelas mungkin karena fitur ini masih baru jadi masih banyak fitur atau menu di dalamnya yang belum sempurna.

Baca juga: Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Bukalapak dan Tokopedia

Beberapa bug CS Bot ini diantaranya adalah
  • Fitur ini tidak ditemukan di beberapa akun prakerja.
  • Tombol keluar yang tiba-tiba menghilang, Alhasil anda harus keluar dari web tersebut dan login kembali. Dan Terakhir
  • Fitur Live Chat dengan Kontak CS Prakerja yang belum siap. Karena beberapa kali saya Menggunakannya muncul keterangan error. Entah ini karena program yang belum sempurna, atau memang karena terbatasnya layanan.

Cara Menggunakan Fitur Minta Bantuan atau CS Bot Prakerja


Untuk menggunakan fitur ini sebenarnya sangatlah mudah, sebelumnya silahkah kunjungi halaman prakerja di alamat https://www.prakerja.go.id Selanjutnya akan muncul tombol minta bantuan letaknya di Pojok kanan bawah.

Apakah saya perlu Login terlebih dahulu? Tidak anda bisa menggunakan tombol tersebut tanpa harus login ke akun prakerja. Yang penting adalah anda memiliki Email dan Nomor yang terdaftar di Prakerja.

Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan Singkat dibawah ini.
  1. Buka website prakerja.go.id
  2. Lalu klik tombol minta bantuan
  3. Masukkan nama, email dan Nomor Telepon yang terdaftar di prakerja
  4. Lalu akan tersedia beberapa pilihan menu disana
  5. Klik pada menu yang dipilih contoh pertanyaan
  6. Maka akan muncul beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh peserta, junlahnya terbatas namun ssya yakin akan terus bertambah seiring waktu nantinya.
  7. Jika sudah selesai silahkan klik tombol (X) untuk keluar.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang CS Bot di Prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.