Daftar jps.kemnaker.go.id, Ini Cara Login JPS Kemnaker

Berita tentang pendaftaran jps kemnaker vifal, Namun kenapa website tersebut error, Berikut adalah informasi dan cara daftar JPS Kemnaker dengan login https://jps.kemnaker.go.id

Gelombang 10 prakerja ditutup, dimana di kabarkan jika akan hadir beberapa program bantuan sosial lainnya yang dapat meringankan beban masyarakat terutama dalam menjalani keseharian mereka di tengah pandemi Covid-19.

Berita yang telah Beredar melalui media-media besar khususnya untuk tata cara pendaftaran jps dan informasi lainnya terkait jps ini pun viral dan membuat Masyarakat antusias untuk mencari informasi bagaimana cara mendaftar atau kapan program ini kapan dibuka, apalagi bagi mereka yang mungkin gagal dalam pendaftaran kartu prakerja.
Program tersebut adalah Program JPS, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Bantuan Program Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) .

Apa Itu Program JPS Kemnaker?

JPS (Jaring Pengaman Sosial) adalah program baru yang bakal dirilis oleh Pemerintah dalam hal ini Kemnaker. JPS sendiri terdiri atas beberapa program seperti TKM atau Tenaga Kerja Mandiri yang ditujukan untuk menciptakan wirausaha. Dan juga Program Padat karya.


Bantuan yang diluncurkan ini adalah salah satu program bantuan sosial lainnya yang diharapkan dapat menekan angka kemiskinan dan Pengangguran yang di akibatkan dari Wabah Covid-19 di Indonesia.
Seperti yang kita ketahui bersama tak hanya sektor kesehatan saja lah yang terkena imbas dari Merebaknya Virus Covid-19 ini, beberapa sektor lain terutama ekonomi juga terkena dampak yang serius bahkan Indonesia sendiri melalui kabar yang Beredar di kabarkan telah resesi. 

Hal ini pula di respon oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang mengatakan, pandemi membawa dampak tak hanya soal masalah kesehatan.

Pandemi juga berdampak pada melemahnya perekonomian yang ditandai dengan penurunan produksi, pengurangan tenaga kerja, serta penurunan daya beli masyarakat.

"Untuk meringankan beban masyarakat dan pekerja yang terdampak, pemerintah meluncurkan program Jaring Pengaman Sosial (JPS)," kata Menteri Ida, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Tujuan dari Program JPS Kemnaker

Seperti yang sudah di singgung diatas JPS Kemnaker sendiri terdiri atas Program Tenaga Kerja Mandiri untuk menciptakan wirausaha.

Selain itu, juga ada program padat karya yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menghindari atau mengurangi dampak pandemi.


Bantuan JPS Kemnaker ini nantinya bakal diberikan dalam bentuk pmbekalan pelatihan berkelanjutan dengan di dampingi langsung oleh pihak Kemnaker.

Sementara, padat karya juga merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para pengangguran dan setengah pengangguran yang terdampak wabah ini.

Cara yang dilakukan adalah melalui kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

Ida juga menilai, JPS Kemnaker yang diwujudkan dalam dua program tersebut adalah stimulus bagi masyarakat pelaku industri kecil.

Tujuannya, adalah untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar mereka. Selanjutnya, agar bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual di pasar.

Dari kedua program diatas di harapkan selain mendapat pendampingan para peserta juga ikut ambil bagian dalam mensukseskan program tersebut mungkin dengan cara memulai usahanya sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk beberapa orang di sekitar mereka.

Syarat Daftar JPS Kemnaker

Adapun syarat untuk ikut serta dalam Program JPS ini yang terdiri dari dua program yakni;

#1 Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM)

Program TKM sendiri adalah Program untuk menciptakan wirausaha dan padat karya sendiri yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang memiliki kesempatan membuat usaha dengan tujuan mengurangi dampak dari pandemi Covid-19. 


Selain itu, program ini juga bertujuan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.

#2 Program Padat Karya

Berbeda dengan program TKM, Program Padat Karya ini nantinya akan menyasar kepada masyarakat yang Pengangguran atau setengah Pengangguran melalui pembangunan sarana Umum dan pembangunan yang melibatkan banyak pekerja.

Cara Daftar JPS Kemnaker Login https://jps.kemnaker.go.id

Jika dilain pihak pendaftaran prakerja sendiri bisa dilakukan dengan mengakses halaman www.prakerja.go.id atau dashboard.prakerja.go.id Lantas bagaimana dengan JPS ini sendiri? Akankah prosesnya sama dengan tahapan yang ada di Prakerja.

Setelah saya amati ternyata lebih dari ribuan orang mencari-cari informasi mengenai cara daftar jps prakerja dan akhirnya ketika mereka mengetikkan url halaman jps yakni "jps.kemnaker.go.id" yang nantinya mungkin akan dijadikan link resmi untuk pendaftar program jps online. mereka di arahkan ke halaman yang error.
Perlu diketahui jika pendaftaran online untuk program JPS dari Kemnaker hingga kini masih belum tersedia, bahkan website jps yang anda akses tersebut juga belum di update oleh Kemnaker.

Saat ini Program JPS sendiri hanya sebatas informasi saja yang telah disampaikan. Dan belum ada update informasi lain terkait 
Tata cara daftar JPS beserta mekanismenya.

Hal ini juga di pengaruhi beberapa informasi yang Beredar di Sosial media melalui pemberitaan media-media besar. Padahal kemnaker sendiri hanya menyampaikan informasi berupa rilis info Umum mengenai JPS.

Saya kira pihak Pemerintah dalam hal ini Kemnaker perlu menghadirkan informasi dan komunikasi bersifat terbuka yang lebih jelas dan Transparan dari kemenaker agar masyarakat bisa memperoleh informasi pendaftaran JPS jelas nantinya, jika Program ini telah dirilis.

Sehingga program ini tidak menjadi bulan-bulanan atau target sebagian orang tertentu saja. Seperti mereka-mereka yang mungkin memiliki koneksi dengan orang dalam yang bisa membantu pendaftar untuk menikmati program ini.

Oleh karena itu, akses terkait informasi pendaftaran JPS harus lebih dipermudah lagi. Dan akan jauh lebih baik jika sistemnya mirip dengan prakerja dimana mulai dari pendaftaran hingga proses Akhir bisa dilakukan secara Online.

Namun juga perlu di koreksi sedikit khususnya untuk tahap pendampingan misalnya. Online mungkin terlihat cukup bagus tapi apakah ini benar bisa meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para wirausahawan itu sendiri? Jawabannya bisa dilihat dari program yang sebelumnya.

Saat ini, Kemnaker sendiri melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada tanggal 2 Oktober 2020 telah menyalurkan bantuan program TKM kepada 1.985 kelompok wirausaha dan melibatkan 39.700 orang.

Dan juga, 1.091 kelompok padat karya dengan melibatkan 21.820 masyarakat di Indonesia.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang laman website jps.kemnaker.co.id Login dan Tata Cara Daftar Program JPS. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. 

Untuk update informasi lainnya terkait Program JPS, anda bisa terus memantau perkembangannya melalui Halaman resmi Kemnaker atau bisa juga lewat website ini. Karena anda akan mendapatkan update informasi lainnya tentang JPS hanya disini.

Artikel ini juga telah tayang di javasiana.com dengan judul Login jps.kemnaker.co.id, Begini Cara Daftar JPS Kemnaker.