Cara Membuka File Zip Yang Terkunci di Android Terbaru

Merasa kesulitan buka file zip yang di kunci dan tidak tahu apa passwordnya? Buka artikel ini dan dapatkan solusi cara membuka file zip yang terkunci di android.

Ditengah kemajuan teknologi yang begitu pesatnya, kini banyak masyarakat lebih mudah untuk menyimpan berkas-berkas atau file penting mereka kedalam sebuah penyimpanan digital dengan praktis mudah dan bisa dibawa kemana-mana.

Meski penyimpanan tersebut memiliki penampakan yang sangat kecil nyatanya, dari sanalah anda dapat menampung file dengan jumlah yang sangat besar dan tidak akan pernah bisa anda bayangkan.

Ada banyak sekali jenis file diluar sana dan mungkin beberapa file tersebut adalah hasil dari proses yang anda jalankan. Untuk itu tak jarang sekali anda menemukan beberapa file yang terkunci atau dipassword oleh Si pembuat untuk menjaga keamanan dari file tersebut dan bisa diakses untuk beberapa orang saja.

Tapi, bagaimana jika ada sebuah file zip yang terkunci dan anda tidak tahu Passwordnya apa? Padahal file tersebut sangat penting. Menanggapi hal ini saya rasa anda saat ini sudah berada di halaman yang tepat.

Karena disini anda akan menemukan tutorial jitu yang bisa anda lakukan untuk membuka file Zip yang terkunci atau dipassword dengan mudah meski anda tidak tahu apa password dari file tersebut sebelumnya.

Tapi sebelum mengarahkan anda kesana saya rasa beberapa informasi penting berikut ini akan sangat berguna bagi anda.

Apa Itu File Zip?

Mungkin anda masih tidak mengerti kenapa harus ada file zip yang membuat beberapa orang mungkin kesal dibuatnya. Ditambah lagi terkadang anda mungkin menemukan beberapa file dengan format Zip yang dienskripsi (Dikunci).

Terkadang karena beberapa alasan seperti file yang terlalu besar atau data yang terlalu banyak membuat proses transfer data pada file menjadi lebih lama dan tidak efisien. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa orang memutuskan untuk mengekstrak file tersebut sehingga berubah formatnya menjadi (.zip).

Dan jika melansir dari Wikipedia ZIP adalah sebuah standar kompresi data (pemampatan data) (EN: data compression) yang diciptakan oleh Phil Katz dan saat ini menjadi alternatif paling populer di dunia. 

Dengan sistem pemampatan data, ukuran data dari file yang mulanya memiliki file yang ukurang sangat besae akan terlihat lebih kecil ukurannya tanpa mengurangi beberapa data yang ada pada file tersebut sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. 

Keuntungan File dengan Format Zip

Dengan mendownload atau menggunakan format zip sebagai cara mengecilkan ukuran file maka anda bisa mendapat keuntungan-keuntungan yang sama dengan beberapa orang di dunia dengan pemikiran yang sama seperti anda.

Baca juga: Cara Mengganti Ikon (Icon) Instagram

Beberapa keuntungan menggunakan file zip selain dari fungsi utamanya yakni untuk memapatkan sebuah file besar menjadi ukuran yang lebih kecil adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan anda dalam proses transfer data karena ukurannya yang diperkecil.
  • Praktis dan Efisien, anda bisa mengumpulkan beberapa file dalam satu penyimpanan dan diubah menjadi satu item file saja yakni berformat (.zip).
  • Zip menjadi alternatif terpopuler untuk memapatkan file dengan beragam jenis file digital diluar sana menjadi ukuran yang lebih kecil.
  • Mengurangi penggunaan data, Pada proses upload atau download ukuran file yang besar membuat anda harus membuang lebih banyak data untuk mendapatkan file yang anda cari. Tapi dengan memapatkan file tersebut menjadi format zip yang lebih kecil setidaknya itu akan menghemat sedikit penggunaan data anda.
  • Opsi untuk mengunci (Enskripsi zip).

Sebenarnya ada lebih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda menemukan sebuah file dengan format zip, namun saya rasa yang anda cari disini adalah tutorial tentang cara buka file zip yang terkunci.

Jadi, saya rasa tidak usah berlama-lama lagi karena kita sekarang akan langsung mengarahkan anda ke tutorial tersebut.

Download ArchiDroid Apk

Sebelum membuka file zip itu, maka ada satu alat yang dibutuhkan untuk membuka file zip yang terkunci dan alat itu bernama Archidroid. Aplikasi ini merupakan satu aplikasi dengan manfaat yang luar biasa untuk mengekstrak file dengan format zip dan beberapa format lainnya.

Tak hanya mengekstrak anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membobol atau membuka file yang terkunci dengan beberapa format sepeti (RAR, ZIP, TAR, GZIP (gz), BZIP2 (bz2), tar.bz2, tar.gz and 7ZIP* (7z) archives).

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Trackview Untuk Memata-Matai

Dan bagi anda yang ingin melakukan aktivitas tersebut, silahkan download aplikasinya terlebih dahulu melalui link download yang saya sediakan dibawah ini.

ArchiDroid Apk

Nama
ArchiDroid
Versi Terbaru1.1.2
Ukuran471 kb
DeveloperAis Droid Team
Last updated21 November 2020
Android Os4.1+

Cara Download Aplikasinya

Jika anda merasa kesulitan dengan tombol download diatas, maka saya rasa tutorial dibawah ini akan sangat membantu anda.

  1. Klik pada tombol download diatas.
  2. Maka anda akan diarahkan ke halaman mediafire tempat anda menemukan file yang anda cari.
  3. Klik download aplikasi dan beberapa saat unduhan akan segera diberjalan.
  4. Tunggu sampai selesai.

Terakhir, jika unduhan benar-benar selesai anda bisa menginstall aplikasinya. Untuk itu ikuti panduan yang saya berikan berikut ini.

Cara Install ArchiDroid Apk

Berbeda dengan unduhan yang anda lakukan di platform playstore dimana setelah unduhan selesai biasanya sistem akan memproses unduhan secara otomatis. Dan kali ini karena anda mendownload aplikasinya di halaman ini.

Baca juga: Cara Mengubah Kuota Belajar Telkomsel Menjadi Kuota Internet Utama

Maka instalasi yang dilakukan pun berbeda, untuk itu silahkan ikut langkah-langkah instalasi manual dibawah ini:

  1. Pastikan unduha benar-benar selesai.
  2. Dan file sudah tersimpan di penyimpanan android anda.
  3. Temukan file ArchiDroid dan ketuk aplikasinya.
  4. Klik install.
  5. Apabila muncul keterangan iznkan instalasi dari sumber tidak dikenal.
  6. Perki ke opsi pengaturan > Keamanan > dan izinkan.
  7. Klik install sekali lagi.
  8. Tunggu prosesnya berjalan.

Dan apabila instalasinya berhasil anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk unzip file atau ekstrak file zip yang terkunci dengan lebih mudah di android.

Cara Membuka File Zip Yang Terkunci di Android dan Tidak Tahu Passwordnya

Setelah menyelesaikan unduhan aplikasinya diatas, maka sampailah anda di halaman ini dimana anda bisa mengikuti step by step yang saya berikan kepada anda untuk membuka file zip yang terkunci meski anda tidak tahu apa passwordnya.

1. Buka Aplikasi ArchiDroid

Inilah kenapa saya menyuruh anda download aplikasi ArchiDroid dan menginstallnya di perangkat anda. Karena tutorial ini tidak akan berjalan jika alatnya tidak diinstall. Jika proses ini sudah dilakukan.

Selanjutnya anda bisa membuka archidroid di ponsel anda dan izinkan beberapa akses yang dibutuhkan.

2. Pilih Opsi Unpack Archive

Untuk mengekstrak file zip yang terkunci silahkan ketuk pada opsi Unpack Archive. Dan sebagai tambahan informasi saja aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk membuat archive file dengan beberapa format.

3. Klik Tombol Titik Tiga

Untuk mengekstrak file maka anda perlu menemukan lokasi file zip tersebut dan memasukkannya dalam program aplikasi ini untuk membuka file zip yang terkunci. Ketuk pada tombol titik tiga letaknya di samping kanan kolom putih kosong.

4. Pilih Lokasi Penyimpanan

Setelah menemukan file zip tersebut maka anda perlu menentukan lokasi tempat anda menyimpan file yang telah di ekstrak nantinya. Untuk itu klik pada tombol titik tiga dibawahnya.

5. Tentukan Lokasi Penyimpanan dan Centang

Setelah menekan tombol titik tiga diatas, maka anda akan diarahkan menuju lokasi penyimpanan yang dipilih. Silahkan Centang lokasi yang dipilih dan klik pada tombol centang file, Lihat gambar diatas.

6. Ketuk tombol Kunci

Untuk membuka file yang dikunci dibutuhkan password, bedanya disini karena anda tidak tahu passwordnya apa. Silahkan masukkan passwordnya terserah.

7. Centang dan Masukkan Password Terserah

Akan muncul kolom kotak seperti gambar diatas, setelah anda klik pada tombol kunci. Silahkan centang use password > Masukkan password (Bebas) > Klik OK.

8. Ketuk Pada Tombol Mata

Untuk melihat apa saja yang ada didalam file zip tersebut dan menentukan file apa saja yang ingin di ekstrak anda bisa klik tombol ini.

9. Centang dan Pilih File

Pilih file yang ada didalam zip tersebut yang ingin di ekstrak dan centang lalu klik kembali.

10. Ketuk Tombol Unpack

Untuk membuka file zip klik pada tombol unpack dan tunggu proses unpack zip berjalan.

11. Selesai dan Temukan File Yang Sudah Diekstrak

Jika proses unpack berhasil akan muncul keterangan seperti gambar diatas, Sekarang anda bisa menemukan file zip tersebut di lokasi penyimpanan yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel kita kali ini dengan pembahasan seputar file zip yang terkunci dan bagaimana cara membukanya meski anda tidak tahu apa passwordnya. Semoga dengan dipublikasikannya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan kita semua.